: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Tehina | Tehinnah | Tekel | Tekoa | Tekoite | Teks Alkitab | Tekun | Tekun, Ketekunan | Tel | Tel-Abib | Tel-Harsha
Daftar Isi
HAAG: Teks Alkitab

Teks Alkitab

Teks Alkitab [haag]

Teks Alkitab.

Maksud ~TA adalah: Tulisan-tulisan tangan (---> Tulisan tangan salinan Alkitab), terjemahan-terjemahan (--> Terjemahan Alkitab) dan penerbitan-penerbitan teks KS. Teks asli Alkitab sudah hilang. ~TA yang kita miliki kerap kali adalah sebuah hasil proses sastera selama ratusan tahun. ~TA yang asli pada umumnya diwariskan oleh para pengarang kepada kita tanpa perubahan yang hakiki.

  1. (1) ~TA dari PL. Saksi yang paling penting mengenai ~TA Ibr. adalah teks Masorit. Teks itu merupakan sebuah hasil karya para Masorit, yaitu para pengkritik naskah Yahudi (yang bekerja antara tahun 750-1000 ses. Mas.). Mereka adalah orang-orang yang menyanggupkan diri untuk memikul tugas untuk menetapkan naskah Alkitab menurut orthografinya (: penentuan konsonan-konsonan dan huruf hidung yang ditulis dalam KS), menurut ungkapannya dan bagaimana perkembangannya sampai pada ketentuan yang terakhir. Penelitian yang ketat itu mereka lakukan dengan maksud untuk melindungi KS, agar tidak ada perubahan yang tersisip di dalamnya. Sekarang sudah dapat dipastikan, bahwa teks Alkitab Ibr. mempunyai tanda-tanda tetap untuk menulis mempunyai tanda-tanda tetap untuk menulis konsonan-konsonan sejak tahun 100 ses. Mas. ~TA pada saat itu pada garis besarnya dapat dikatakan identik dengan teks Masorit. Tetapi juga kelihatan jelas, bahwa di banyak tempat digunakan sebuah teks Ibr. oleh para ---> Septuaginta, yang menyimpang cukup jauh dari Naskah Masorit, bukan hanya dalam soal-soal kecil, melainkan juga dalam pengaturan dan tambahan-tambahannya. Cetakan ketiga dari Biblica Hebraica, yang diterbitkan Kittel (1937) dan teks yang sedang diterbitkan, Biblica Hebraica Stuttgartensia adalah edisi teks Masorit yang paling baik.
  2. (2) ~TA dari PB. Jumlah tulisan tangan yang banyak sekali mengenai Alkitab, diatur menurut kelompok-kelompok tertentu. Tiap kelompok mempunyai coraknya sendiri. Orang tahu akan adanya kelompok Alexandria (B), kelompok Eropa (D), kelompok Antiokhia (A, atau disebut juga "koine"). Sejak abad 19 telah diterima secara merata, bahwa kelompok B itu paling dekat dengan teks aslinya. Tetapi kelompok A lebih dipakai dalam tradisi tulisan di waktu kemudian. Kelompok A menjadi bentuk percontohan pada ~TA yang disahkan kembali di waktu berikut, bahkan menjadi dasar untuk penerbitan-penerbitan yang pertama.



TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA